Regulasi dan Tantangan Globalisasi Bagi Profesi Akuntan Manajeme

05 Maret 2018 09:00:00

Institut Akuntan Manajemen Indonesia (IAMI) bekerja sama dengan Pusat Pembinaan Profesi Keuangan Sekretariat Jenderal Kementrian Keuangan Republik Indonesia mengadakan Pendidikan Profesi Berkelanjutan (PPL) dengan tema “Regulasi dan Tantangan Globalisasi Bagi Profesi Akuntan Manajemen Indonesia”di Gedung Juanda 2 Aula Mezanine, Kementerian Keuangan Republik Indonesia pada Selasa (27/2).

Kegiatan PPL ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, keynote speech oleh Langgeng Subur selaku Kepala Pusat Pembinaan Profesi Keuangan dilanjutkan dengan keynote speech sekaligus pembukaan acara PPL oleh Gatot Trihargo selaku ketua umum IAMI serta pemberian plakat dan sesi foto bersama.

“Semoga PPL ini mendatangkan hal yang bermanfaat bagi bapak dan ibu sebagai peserta, semoga asosiasi IAMI semakin bergerak maju dengan terus menguatkan aspek kelembagaan serta melakukan berbagai inovasi bagi akuntannya. Semoga akuntanbilitas dan transparansi di Indonesia terdongkrak dengan kehadiran dan kontribusi IAMI beserta para akuntan manajemen seluruh Indonesia,” ujar Langgeng Subur.

Kegiatan PPL ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama membahas mengenai PMK 216/PMK.01/2017 dan Globalization and Asean CPA. Turut hadir sebagai pembicara adalah Arie Wibowo (Kepala Bidang Pengembang Profesi Keuangan Kementrian Keuangan RI), Agung Nugroho Soedibyo (Ketua Bidang Sertifikasi dan Standar Profesi IAMI) dan Robi Barwanto (KAP Kanaka) sebagai moderator.

PMK216/PMK.01/2017 membahas mengenai Akuntan Beregister yang baru dikeluarkan tanggal 27 Desember 2017. “PMK ini intinya merubah PMK tentang Register Akuntan tahun 2014. Dulunya Akuntan Beregister hanya diberikan kepada lulusan CA (Chartered Accountant), dan untuk PMK216/PMK.01/2017 diubah dan diakomodir bahwa sertifikasi akuntan yang diterbitkan oleh beberapa asosiasi diakui oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia, seperti CPA (Certified Public Accountant) oleh IAPI (Institut Akuntan Publik Indonesia) dan CPMA (Certified Professional Management Accounting) oleh IAMI (Institut Akuntan Manajemen Indonesia).

Dalam pemaparan materi Gloalization and Asean CPA, Agung Nugroho Soedibyo mengungkapkan bagaimana Asean CPA dibutuhkan dalam era globalisasi saat ini dan bagaimana peran IAMI dalam mewujudkan hal tersebut.

Sesi kedua dibawakan oleh Hendang Tanusdjaja (Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan Profesi IAMI) untuk mensosialisasikan PSAK terbaru dan akan keluar ditahun 2020 yaitu PSAK 72 yang membahas mengenai isu akuntansi pendapatan dan pemutakhiran standar baru.

Hadir juga salah satu senior akuntan dan merupakan ketua dewan penasehat IAMI yaitu Maringan Purba Sibarani. Beliau mengungkapkan pendapatnya mengenai pelaksanaan kegiatan PPL ini. “Saya senang bahwa ada pembahasan PSAK, karena akuntan manajemen  yang bertanggung jawab dalam menyajikan laporan keuangan. Dan PPL kali ini adalah yang paling baik. Dari urutan acara juga bagus, timing  bagus, dan fasilitasnya bagus”, ujar beliau.

FIND US ON THE MAP

Sekretariat
Institut Akuntan Manajemen Indonesia

UNIKA ATMAJAYA
Gedung Yustinus Lantai 2
Jl. Jenderal Sudirman No.51, Jakarta, Indonesia
T : 021 - 2911 0745 E: info.iami1@gmail.com
SMS Center : 0812-8949-2339