Mekanisme Perhitungan Satuan Kredit Profesi (SKP)

  1. Perhitungan SKP kegiatan pelatihan, kursus, lokakarya, diskusi panel, seminar, konvensi atau sejenisnya adalah sebagai berikut:
    1. Satu SKP terdiri dari 50 menit efektif;
    2. Durasi kegiatan dibagi 50 menit dan berlaku pembulatan ke bawah
  2. Perhitungan SKP untuk peserta kegiatan program pascasarjana dan program belajar jarak jauh. Bagi peserta kegiatan program pascasarjana diakui jumlah SKP berdasarkan SKS yang diambilnya dengan ketentuan 1SKS = 1 SKP. Dalam periode tahunan, maksimum SKP yang dapat diakui untuk belajar jarak jauh adalah 30 SKP Keberhasilan memperoleh gelar S2, S3 dan Sertifikasi Profesi akan memperoleh tambahan pengakuan sebesar 10 SKP dan hanya bersifat satu kali, pada tahun perolehan.
  3. Perhitungan SKP untuk Pengajar atau Pembicara pada suatu program PPL Pengajar atau pembicara pada program PPL berhak mendapat SKP maksimum sebesar 1 ½  X peserta program PPL.
  4. Perhitungan SKP untuk kegiatan penelitian, riset, dan Penulisan Artikel, Buku atau Jurnal yang dipublikasikan. Penulis artikel, buku, atau jurnal berhak menerima SKP untuk waktu aktual yang digunakannya, apabila memang waktu yang digunakan dalam melakukan penelitian, riset dan penulisan tersebut meningkatkan kompetensi profesionalnya.  Apabila penulis lebih dari satu orang, maka penulis utama mendapatkan bobot 60% dan penulis lainnya 40%.  Dalam periode tiga tahunan,  maksimum SKP yang dapat diakui adalah 30 SKP.
  5. Perhitungan SKP untuk partisipasi sebagai anggota Dewan Penguji/Komite teknis IAMI atau  Organisasi Profesi lain yang diakui IAMI. Peserta atas kegiatan ini berhak menerima 12 SKP per tahun. Dalam periode tiga tahunan, maksimum SKP yang dapat diakui adalah 36 SKP.
  6. Perhitungan SKP untuk kegiatan non IAMI. Kegiatan yang diikuti oleh anggota IAMI harus relevan dengan pengembangan pengetahuan dan kompetensi CPMA dalam bidang fundamental bisnis, akuntansi manajemen & pelaporan keuangan, manajemen strategik, dan corporate governance & manajemen risiko.

FIND US ON THE MAP

Sekretariat
Institut Akuntan Manajemen Indonesia

UNIKA ATMAJAYA
Gedung Yustinus Lantai 2
Jl. Jenderal Sudirman No.51, Jakarta, Indonesia
T : 021 - 2911 0745 E: info.iami1@gmail.com
SMS Center : 0812-8949-2339